Minggu, 29 Mei 2011

Kamus Pariwisata

Guys..... yang satu ini perlu juga untuk diketahui bersama.
Ada beberapa istilah dari kata "wisata" yang kadang membuat bingung. Misalnya kata pariwisata dan kepariwisataan. Hmmm terkesan sama kan?
Tetap saja beda kalau sudah ada penambahan huruf (orang bego juga tau xixiii)

OK kalau begitu langsung saja.
  • Wisata merupakan kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang, dengan mengunjungi tempat tertentu untuk tujuan rekreasi, pengembangan pribadi atau mempelajari keunikan daya tarik wisata yang telah dikunjungi dalam jangka waktu sederhana.
  • Wisatawan adalah orang yang melakukan wisata.
  • Pariwisata yaitu berbagai macam kegiatan wisata dan didukung berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan masyarakat, pengusaha, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.
  • Kepariwisataan adalah berbagai macam kegiatan yang terkait dengan pariwisata. Bersifat multidimensi dan multidisiplin yang muncul sebagai wujud kebutuhan setiap orang dan negara. Kepariwisataan termasuk juga didalamnya adalah interaksi antara wisatawan dan masyarakat setempat, sesama wisatawan, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.
  • Daya Tarik Wisata yakni segala seuatu yang memiliki keunikan, keindahan dan nilai, yang berupa keanekaragaman kekayaan alam, budaya dan hasil buatan manusia, yang kemudian menjadi sasaran atau tujuan kunjungan wisatawan.
  • Daerah Tujuan Pariwisata atau disebut juga Destinasi Wisata merupakan kawasan geografis yang berada dalam satu atau lebih wilayah administratif. Didalamnya terdapat daya tarik wisata, fasilitas umum dan fasilitas pariwisata, aksebilitas, serta masyarakat yang saling terkait melengkapi terwujudnya kepariwisataan.
  • Usaha Pariwisata adalah segara usaha penyediaan barang dan atau jasa bagi penentuan kebutuhan wisatawan serta penyelenggaraan pariwisata.
  • Pengusaha Pariwisata adalah orang atau kelompok yang melakukan kegiatan / usaha pariwisata.
Sampai disini dulu teman. Setidaknya dapat membantu....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar