Jumat, 05 Oktober 2012

Anugerah Pewarta Foto (APFI) 2011

Acara tahunan bergengsi Anugerah Pewarta Foto (APFI) 2011 kembali digelar. Berlokasi di Kuningan City, Jakarta. Sebanyak 3.371 foto dari 258 Pewarta Foto seluruh Indonesia dan 76 peserta Citizen Jurnalism bersaing memperebutkan gelar prestisius APFI Photo of The Year. Ajang apresiasi bagi pewarta foto Indonesia ini digelar untuk ketiga kalinya, menyusul suksesnya APFI 2010 dan 2011 yang membangkitkan semangat dunia fotografi di Indonesia, serta membuat fotografi jurnalistik semakin membumi dan akrab di setiap kalangan.

Ada sembilan kategori untuk APFI 2011, diantaranya Daily Life, General News, Spot News, People in The News, Sport, Art and Entertainment, Nature and Environment, Photo Essay, dan Citizen Journalism. Di luar kategori-kategori tersebut, panitia juga memberikan dua penghargaan prestisius lain, yaitu Photo of the Year dan Life Time Achiefment (LTA). LTA diberikan bagi individu yang dianggap berjasa dalam kemajuan foto jurnalistik di Indonesia. 

Para juri yang terlibat dalam APFI 2011 adalah Kemal Jufri (Imaji), Beawiharta (Reuters), Hariyanto (Media Indonesia), Eddy Hasby (Kompas), dan Maha Eka Swasta (Antara Foto). Acara tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan Oppie Andaresta, Aldi Taher, Sarwana, dan Ratna Listy. 

Inilah para pemenang APFI 2011 :
Pemenang untuk kategori “General News” adalah Kristianto Purnomo, kategori “Spot News” diraih M Agung Rajasa, kategori “People In The News” diraih Yosep Arkian, kategori “Nature and Environment” diraih Susanto, kategori “Sport” diraih Jessica Margaretha, kategori “Arts and Entertainment” diraih Rommy Pujianto, kategori “Daily Life” diraih M Agung Rajasa, kategori “Photo Essay” diraih Sihol Sitanggang dan kategori “Citizen Journalist” diraih Mochamad Rizki.


Inilah beberapa seri foto yang saya rekam sewaktu mengikuti acara tersebut.
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar